16 Dunia Usaha bekerjasama dengan 6 lembaga pelatihan

Sebanyak 16 dunia usaha dan industri (DUDI) telah menandatangani deklarasi niat dengan enam lembaga studi dan pelatihan (LKP). Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Diklat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pelatihan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wartanto.

Wartanto mengatakan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Kemendikbud memiliki dua tujuan besar, yakni mendorong kewirausahaan di Indonesia dan mengurangi pengangguran. Strateginya, satuan pelatihan vokasi bekerja sama dengan DUDI, bersinergi dan bekerjasama.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan 2 Program Kemandirian Profesional

“Jadi jangan asal tanda tangan MoU saja, karena mudah tanda tangan, tapi perlu action,”

kata Wartanto, Minggu (29/11/2020) saat launching website Kemendikbud.

Menurutnya, di era revolusi industri 4.0, keterampilan terkait industri diperlukan bagi guru dan dosen di satuan pelatihan vokasi.

Dalam rangka mendorong program pelatihan ulang dan kualifikasi lebih lanjut bagi pendidik, manajemen mitra DUDI di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengimplementasikan ketentuan yang tertuang dalam perjanjian kerjasama dalam kurikulum berbasis industri.

“Saya berharap kegiatan ini juga dapat membentuk kembali VET dengan menerapkan praktik yang baik di VET,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Keenam belas DUDI yang ikut serta dan menandatangani perjanjian kerjasama

tersebut adalah Crown Plaza Jakarta Hotel and Residences, Gran Melia Jakarta, Harris Suites Puri Mansion Jakarta, Pengurus Pusat DPP HMPPI, The Mayflower Jakarta Marriot Executive Apartments, Pesona Alam Resort and Spa Bogor dan Santika Mega City Bekasi.

Kemudian ada The Grove Suites by Grand Aston, Swiss Bellexpress Cilegon, Panorama Hospitality Management, PT Millennium Muda Mandiri, Castle Production, PT Fajar Agung Indo Cemerlang, Swissbell Hotel Bandar Lampung, Sheraton Lampung Hotel dan Hotel Golden Tulip Springhills.

LKP yang bekerjasama dengan DUDI adalah LKP IDeA Indonesia, LKP Indonesian Technology-ITECH

, LKP Surya Computer, LKP Pelangi Nusa Jaya, LKP Kridawisata, dan LKP Indo Dilard.

Ada juga sekolah yang terlibat dalam penandatanganan naskah kerjasama, yaitu SMKN 1 Sukadana.

LIHAT JUGA :

indonesiahm2021.id
unesa.id
unimedia.ac.id
politeknikimigrasi.ac.id
stikessarimulia.ac.id
ptsemenkupang.co.id