Cara Memilih Dan Memasang Senar Gitar

Cara Memilih Senar Gitar Klasik yang Baik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih senar gitar klasik terbaik, yaitu tegangan, bahan dan juga ukuran senar. Mempertimbangkan ketiga hal tersebut akan sangat penting dalam menjamin kenyamanan serta kualitas musik yang Anda hasilkan saat bermain gitar. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut saat membeli senar gitar klasik yang telah kami dapatkan dari chordtela.

1. Perhatikan tegangan

Dalam dunia gitar, istilah tension untuk menyebut tegangan senar gitar, yang dalam hal ini terdiri dari tegangan rendah (low tension), normal (middle atau base tension tinggi (high tension). .

atau tegangan rendah agar tidak melukai jari Anda. Sedangkan jika anda sudah berada di level intermediate, dan mulai menguasai pembelajaran senar, maka Natural Tension adalah suatu. Extreme Tension ini khusus ditujukan bagi anda para gitaris level medium hingga high, yang ingin memancarkan suara yang lebih tinggi. , nada lebih kuat. 

2. Memilih Bahan yang Tepat

Ada beberapa bahan penyusun serat gitar klasik terbaik yang bisa Anda pilih, yaitu titanium nilon dan fluorokarbon. Selain itu, ada juga senar gitar klasik yang terbuat dari usus beberapa hewan. Sangat penting untuk memperhatikan bahan senar gitar klasik terbaik dalam menentukan karakteristik nada yang ingin dihasilkan.

Umumnya senar gitar klasik dibuat dengan bahan nilon yang dapat menghasilkan nada lembut dengan timbre yang agak hangat. Untuk nada yang lebih jernih dan stabil, pilih senar gitar klasik yang terbuat dari fluorocarbon. Selanjutnya, untuk membuat kombinasi bright senar gitar titanium

3. Sesuaikan ukuran senar

Hal lain yang tidak kalah penting dalam memilih senar gitar klasik terbaik adalah ukuran senar. Ukuran senar gitar ini biasanya tertera pada kemasan produk untuk senar gitar klasik, dan ini akan mempengaruhi seberapa keras jari Anda menyentuh senar, serta teknik dan nada suara yang dibutuhkan.

Jika Anda seorang pemula dan ingin memukul senar dengan lebih mudah, atau ingin memainkan teknik yang membutuhkan kecepatan tinggi, pilihlah ukuran yang kecil. Sebagai gantinya, pilih ukuran kunci gitar klasik besar terbaik jika Anda ingin bermain gitar dengan gaya ketukan, atau untuk menghasilkan suara yang tenang. 

Cara Memasang Senar Gitar Klasik

Berikut adalah beberapa tips dan cara memetik akord gitar yang semoga bermanfaat bagi anda yang masih belajar memetik akord gitar klasik.

1. Melepaskan senar lama

Saat memasang senar gitar klasik baru terbaik, Anda harus melepas senar gitar lama terlebih dahulu. Namun, dalam proses melepas senar gitar, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama-tama, Anda harus mengendurkan senar gitar terlebih dahulu menggunakan jari atau pemain biola.

Setelah senar berhasil dilepas maka buka simpul pada bridge terakhir lepaskan semuanya satu persatu dari atas ke bawah pastikan tidak ada senar yang tertinggal pada gitar. Jika Anda sedang terburu-buru, gunakan gunting untuk memotong semua senar, tetapi ini tidak aman, karena senar gitar dapat memantul dan mengenai Anda.

2. Pasang senar baru ke bridge

Setelah senar gitar lama berhasil dilepas, Anda perlu memasang senar gitar klasik baru ke bridge. Saat memasukkan senar gitar klasik baru yang terbaik, mulailah dengan memasukkan senar ke dalam lubang yang sesuai dan pastikan melewati lubang hingga 10cm atau 13cm.

Buat simpul dari utas keenam hingga keempat dengan memelintirnya sekali, memasukkannya di bawah lingkaran, dan kemudian mengencangkannya dengan erat. Untuk senar ke-3 hingga ke-1, simpul yang sama diperlukan tetapi harus dibalik hingga 3 kali. Setelah semua senar berhasil diikatkan pada jembatan dan dibuat simpul, kemudian kencangkan simpul tersebut dengan menarik kedua sisi senar.

3. Memasang senar baru ke leher gitar

Cara terakhir untuk mengikat senar gitar klasik terbaik adalah dengan menempelkan senar baru ke leher gitar. Pertama, Anda perlu melilitkan pasak tuning di leher gitar sehingga lubang input ulir menghadap ke atas. Setelah lubang berhasil diarahkan ke atas, Anda harus memasukkan benang melalui lubang dan memasukkan kembali benang sampai keluar kembali melalui silinder.

Setelah utas membuat cadangan, Anda harus memasukkan kembali utas ke bawah melalui kumparan alih-alih melalui lubang. Terakhir adalah memutar senar tuning agar senar gitar klasik yang baru saja disekrup bisa dikencangkan untuk stemnya. Lakukan ini untuk semuanya, mulai dari tali keenam hingga yang pertama.

Rate this post