Tokopedia Rayakan HUT Jakarta ke 495, Komitmen Dukung UMKM

Tokopedia sebagai platform belanja online cukup sering menyampaikan komitmennya untuk mendukung UMKM, termasuk perayaan HUT Jakarta ke 495 pada 22 Juni 2022.

Menyambut perayaan HUT Jakarta ke 495, Tokopedia mengundang Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta dan dua brand UMKM.

Fery Farhati, Kepala Dekranasda DKI Jakarta, mengatakan penting untuk mendukung UMKM lokal di era digital.

Baca Juga: Tokopedia Dorong Pemulihan Ekonomi, Bantu UMKM Optimalkan Penjualan Nasional
Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
iklan oleh

“Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal perlu beradaptasi dan berinovasi melalui platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital,” ujar Fery saat ditemui media secara virtual (21/6). .

Dengan dukungan Tokopedia terhadap UMKM lokal, Fery juga berharap semakin banyak masyarakat yang bisa membeli produk UMKM.

“Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, termasuk dengan membeli karya mereka,” lanjut Fery.

Selain mengangkat tema HUT Jakarta ke 495, Tokopedia membagikan beberapa hal yang dihadirkan untuk mendukung UMKM DKI Jakarta.

Yakni melalui pembukaan toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, Pelatihan UMKM Digital Advanced Class hingga pameran online produk UMKM DKI Jakarta Friday Buy Local yang disiarkan di Tokopedia Play setiap hari Jumat Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Pemerintahan Relation dari Tokopedia merinci tanggapan yang mereka terima dari upaya mereka mendukung UKM lokal di DKI Jakarta.

“Antusiasme masyarakat sangat luar biasa untuk mendukung produk UMKM DKI Jakarta,” kata Astri.

Pada acara Friday Buy Local di Tokopedia Play, terjadi peningkatan view pada kuartal kedua tahun 2022, hampir lima kali lipat dibandingkan saat pertama kali acara tersebut tayang pada tahun 2021.

Tak hanya itu, Tokopedia juga mencatatkan kategori mana yang laris manis di kuartal II 2022, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Promosikan Transaksi Digital Melalui Modul Pembelajaran Keuangan untuk UMKM dari Tokopedia, OJK, dan BI

Ternyata kategori makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik dan otomotif paling laris.

Uniknya, ada juga yang mencari baju pangsi, blangkon Betawi dan ikat pinggang tradisional Betawi, serta beberapa produk incaran Betawi lainnya.

UMKM lokal yang diundang Tokopedia adalah Dakara Indonesia dan Sancraft, keduanya UMKM lokal yang disponsori oleh Dekranasda DKI Jakarta.
Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
iklan oleh

Kedua UMKM ini berjuang keras saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia dan keduanya bertahan hingga kini karena berjualan di Tokopedia.

Tak hanya karena alasan pribadi, pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama, mengajak ibu-ibu yang tinggal di apartemen untuk mengisi waktu luangnya dengan membuat produk lokal.

“Saya mengajak ibu-ibu yang tinggal di apartemen untuk membuat masker, fanny pack, obi dan lain-lain, dan juga bekerja sama dengan penjahit rumahan,” kata Ayu.

Salah satu pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama.
Fernanda Gunsan
Salah satu pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama.

Penjahit rumah ini menggunakan Dakara untuk membuat pakaian luar, blus, celana, dan tunik untuk menopang perekonomian keluarga.

Dengan keberhasilan kedua UMKM lokal ini, Tokopedia mengatakan akan terus memberikan panggung bagi UMKM DKI Jakarta lainnya. (*

Sumber :